Monday, November 7, 2011

Pelajaran PKN Pak Andi


"Selamat pagi, anak - anak!" Sapa Pak Andi.
"Selamat pagi, Pak Andi!" Balas murid - murid riang.
"Pak, hari ini kita belajar apa?" Tanya Bebo.
"Hari ini kita belajar tentang pancasila." Jawab Pak Andi.

"Pancasila adalah dasar negara Indonesia. Setiap upacara bendera, pasti akan dibacakan pancasila oleh pembina upacara, bukan? Dari kecil kita sudah diajarkan mengenai pancasila. Hal - hal yang mencerminkan pancasila adalah musyawarah, saling menghormati, hidup rukun antar sesama dan lain sebagainya. Jika kita bertengkar, mau menang sendiri, kita sudah melanggar pancasila. Nah, sekarang pak guru akan memberikan kalian tugas kelompok. 1 kelompok terdiri dari 4 orang. Jadi, di kelas ini akan ada 10 kelompok. Tugas kalian adalah gambar dan warnailah lambang pancasila. Kalian bisa melihatnya di depan kelas! Pekerjaan kalian bisa dimulai sekarang." Jelas Pak Andi panjang lebar.

Tiba - tiba, Abed memukul Beni karena menjatuhkan tempat pensilnya. Beni pun balas memukul Abed. Akhirnya, terjadilah perkelahian antara kedua bocah tersebut. Ani dan Bella yang berusaha melerai mereka pun hampir saja terpukul. Untunglah, keduanya bisa dilerai oleh Pak Andi.
"Ada apa, ini?" Tanya Pak Andi.
"Dia sengaja menjatuhkan kotak pensil saya, pak!" Tangis Abed.
"Tadi...Tadi, saya hendak mewarnai gambar lambang pancasila. Siku saya tidak sengaja menyenggol kotak pensil Abed." Isak Beni.
"Ya, sudah! Sekarang kalian saling memaafkan. Ingat, ya! Perbuatan kalian itu sudah melanggar pancasila. Jangan diulangi, ya!" Jelas Pak Andi.
"Maafkan aku, ya!" Seru keduanya bersamaan sambil berjabat tangan.

"Nampaknya, jam pelajaran PKN sudah selesai. Sampai jumpa, anak - anak!" Pamit Pak Andi.
"Sampai jumpa, pak! Terima kasih untuk ilmu yang sudah pak guru berikan!" Seru anak - anak riang.
Mereka sangat senang mempunyai guru yang sangatlah baik.

No comments:

Post a Comment